Alasan Kenapa Harus Tanya Dokter Kehamilan

Konsultasi atau tanya dokter kehamilan sangat penting bagi setiap ibu hamil. Konsultasi sendiri merupakan sebuah prosedur pemeriksaan yang meliputi kondisi dan juga perkembangan janin di dalam kandungan.

Ada beberapa alasan kenapa ibu hamil wajib bertanya kepada dokter kandungan. Berikut ini kami sudah merangkum semua alasan-alasannya untuk Anda:

1.Mengetahui dan Menurunkan Risiko Komplikasi

Ada cukup banyak kemungkinan komplikasi yang terjadi pada ibu hamil. Khususnya seorang ibu hamil yang punya riwayat penyakit-penyakit tertentu pada masa kehamilan.

Melalui pemeriksaan kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan, maka dokter akan mengetahui potensi adanya komplikasi tersebut.

Dengan mengetahui kemungkinan adanya komplikasi, maka dokter akan segera melakukan tindakan pencegahan hingga pengobatan sesuai dengan kondisi ibu hamil.

2.Mengetahui Perkembangan Janin

Ibu hamil juga bisa mengetahui perkembangan janinnya melalui teknologi USG. Bahkan dokter kandungan juga bisa memeriksa usia janin di dalam kandungan secara akurat dengan teknologi tersebut.

3.Mendeteksi Kelainan Atau Gangguan Pada Janin

Konsultasi merupakan salah satu upaya untuk mengetahui adanya gangguan-gangguan tertentu pada masa kehamilan. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut setelah ibu hamil berkonsultasi.

Dokter akan segera mendeteksi adanya kelainan atau gangguan yang mungkin terjadi pada janin sejak dini. Dengan begitu, dokter pun bisa langsung melakukan pencegahan dan pengobatan langsung.

4.Mempermudah Menjalani Masa Kehamilan

Melalui konsultasi tersebut, ibu hamil akan mendapatkan banyak sekali solusi dan tips yang bermanfaat. Contohnya tips seputar menjaga kesehatan dalam masa kehamilan. Sekaligus tips-tips tertentu yang memudahkan ibu hamil menjalani masa kehamilannya.

Melalui konsultasi, maka ibu hamil bisa menjalani masa kehamilan secara mudah. Selain itu, juga akan tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan maupun dikonsumsi. Pasalnya, konsultasi akan menambah wawasan kesehatan di masa kehamilan.

5.Membantu Melancarkan Proses Persalinan

Konsultasi dan rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan juga membantu melancarkan proses persalinan. Bahkan dokter bisa mengetahui jika adanya risiko yang membahayakan sang ibu maupun janin selama proses persalinan.

Kapan Waktu Ideal Untuk Berkonsultasi?

Pemeriksaan harus rutin dilakukan pada masa kehamilan. Namun pemeriksaan harus disesuaikan dengan usia kehamilan. Sedangkan untuk konsultasi, kini Anda bisa melakukannya kapan saja, karena konsultasi sudah bisa dilakukan secara online.

Untuk pemeriksaan, berikut telah kami rangkum waktu yang ideal sesuai dengan usia kehamilan:

  • Pada usia kandungan 4 hingga 28 minggu, pemeriksaan dilakukan 1 kali dalam 1 bulan.
  • Pada usia kandungan 28 hingga 36 minggu, pemeriksaan dilakukan 2 kali dalam 1 bulan.
  • Pada usia kandungan 36 minggu, pemeriksaan dilakukan 4 kali dalam 1 bulan atau setiap minggu.

Semakin mendekati masa persalinan, maka ibu hamil harus semakin intens melakukan pemeriksaan maupun konsultasi.

Cara Konsultasi Kehamilan Online

Seperti yang kami singgung sebelumnya, kini ibu hamil bisa berkonsultasi secara online. Konsultasi bahkan bisa langsung dilakukan kepada dokter kandungan yang berpengalaman.

Salah satu caranya yaitu melalui website www.prenagen.com Website tersebut menyediakan layanan tanya jawab online seputar masalah kehamilan. Bahkan pertanyaan Anda nantinya akan dijawab oleh seorang dokter spesialis kandungan.

Kesimpulan

Ada banyak sekali manfaat proses pemeriksaan dan juga konsultasi kepada dokter kandungan bagi ibu hamil. Proses tersebut dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang masih ada di dalam kandungan.

Bagaimana, berencana untuk tanya dokter kehamilan? Kini melalui website Prenagen Anda bisa langsung bertanya. Pertanyaan seputar kehamilan melalui website tersebut akan dijawab langsung oleh dokter spesialis kandungan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *